>Mengenali Masalah Pada HardDisk

>Harddisk komputer terkadang mengeluarkan suara berisik ketika sedang digunakan, tentunya Harddisk tersebut akan sangat menggangu. Sebenarnya apa yang menyebabkan Harddisk bersuara ketika bekerja? Karena dalam Harddisk juga terdapat sistem mekanik. Suara yang ditimbulkan tersebut disebabkan oleh piringan-piringan yang berputar.

Tidak hanya perputaran piringan yang membuat Harddisk berbunyi saat beroperasi, perpindahan head pada Harddisk juga dapa menimbulkan suara berisik yang menyebalkan. Bahkan dapat lebih kencang dari suara putarannya sendiri.

Sebenarnya suara-suara harddisk dapat diredam dengan menggunakan sebuah alat peredam. Namun, hal ini terkadang tidak dianjurkan karena dapat membuat harddisk menjadi panas. Alat peredam tersebut dapat dibuat dengan sederhana secara manual.
Sebagai alternatif lain, Anda dapat juga menggunakan harddisk yang memang tidak terlalu berisik. Ada beberapa harddisk yang memang sengaja dibuat dengan suara yang tidak terlalu besar.

Saat ini harddisk seperti ini tidak sulit dicari. Karena kini memang hampir seluruh harddisk sudah dilengkapi dengan teknologi SMART yang membuat Anda mudah mengontrol kerjanya. Kapan ia harus diforsir untuk bekerja yang dapat saja menimbulkan suara kapan ia harus bekerja tanpa suara.

Teknologi SMART adalah sebuat teknologi yang kini banyak dilengkapi dalam setiap harddisk produksi terbaru. SMART singkatan dari Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology, yang artinya kemampuan harddisk untuk menganalisis dirinya ila ada kesalahan atau kerusakan. Salah satu di antaranya yang dapat dimonitoring mengunakan SMART ini adalah head harddisk, putarannya, termasuk juga temperatur hard disk.

Tiga masalah yang tidak hanya berdampak pada harddisk itu sendiri, namun juga computer secara keseluruhan. Sebab dengan naiknya temperatur harddisk akan mendorong juga naiknya temperatur ruang casing yang dapat saja memicu kipas bekerja lebih kencang dan berisik.

Putaran harddisk atau perpindahan head suara. Oleh sebab itu, fitur ini akan sangat menolong. Anda dapat segera mengantisipasi bila ada masalah dan dapat mengetahui dengan pasti apa yang menjadi timbulnya kebisingan.

Atau sebagai alternatif lain, Anda dapat menggunakan housing external untuk harddisk Anda. Kelebihan lain adalah Anda diberikan peringatan dini tentang kerusakan yang dapat terjadi pada harddisk Anda. Dengan menggunakan housing external, harddisk pun dapat dibuat menjadi lebih mobile dan fleksibel untuk dibawa-bawa atau sekadar untuk berpindah-pindah.

Selain langkah ini, sebaiknya memang jangan mengaktifkan harddisk pada saat Anda tidak menggunakan komputer, Hal ini dapat membuat harddisk Anda untuk tidak berputar sementara waktu, Di antaranya:

  1. Matikan atau nonaktifkan aplikasi bila sudah tidak digunakan lagi.
  2. Matikan juga beberapa aplikasi yang tetap aktif meskipun tidak digunakan, seperti Yahoo! Messenger Tray, RealPlayer Startcentre, dan lainnya.
  3. Anda dapat mengatur secara otomatis agar harddisk berhenti aktif pada waktu tertentu. Caranya, yaitu melalui opsi Power Option yang ada di dalam Control Panel.

Untuk meredam suara, dapat menggunakan bracket plastik untuk harddisk Anda. Bracket ini umunya tersedia di toko-toko komputer yang banyak menjual komponen bagian dalam komputer.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s